Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

11/04/2011

Ciri-ciri Sakit Kepala Karena Tumor Otak


Sebagian besar sakit kepala muncul akibat stres, migrain, sinusitis. Dan jika memang ada tumor itu lebih bersifat jinak. Tapi ada cara mengetahui ciri-ciri sakit kepala karena tumor otak.

"Sekitar 99 persen sakit kepala yang dirasakan oleh masyarakat bukanlah akibat kanker," ujar Dr Gene Barnett, direktur Brain Tumor and Neuro-Oncology Center, seperti dikutip dari CNN, Senin (11/4/2011).

Meski begitu kata Dr Barnett, sakit kepala yang muncul tidak boleh dianggap sepele, karena bisa jadi merupakan sinyal dari kondisi kesehatan tertentu.

Diakuinya tidak ada cara mudah untuk mengetahui apakah sakit kepala yang muncul akibat tumor otak atau tidak.

"Tidak ada cara sederhana untuk mengetahui apakah sakit kepala yang muncul akibat tumor otak atau tidak, karena beberapa kasus tumor otak justru tidak mengalami sakit kepala sama sekali," ujar Barnett.

Sulitnya deteksi tumor otak ini karena harus dilakukan diagnosis dari lokasi tumor, kecepatan gejala yang muncul, kecepatan pertumbuhan dari tumor tersebut serta efek yang ditimbulkan.

Meski demikian Barnett mengungkapkan ada beberapa poin penting yang perlu diingat dan bisa dijadikan sinyal peringatan bagi seseorang untuk mengetahui apakah sakit kepala yang dialami merupakan gejala tumor otak atau bukan, yaitu:


  1. Sakit kepala yang dialami merupakan hal baru, jika sebelumnya tidak pernah merasakan sakit kepala atau sakit yang dialami berbeda dari biasanya maka kondisi ini bisa menjadi tanda peringatan.
  2. Sakit kepala yang muncul disertai dengan gejala lain, pasien tumor otak biasanya memiliki gejala lain selain sakit kepala seperi mual, pusing, muntah, hilang kesadaran atau tiba-tiba pingsan, kejang, kesulitan bicara, kelemahan pada tungkai atau masalah dengan penglihatan tepi.
  3. Sakit kepala diawali ketika bangun di pagi hari, biasanya sakit kepala mulai di pagi hari yang seringkali disertai dengan mual dan muntah. Sedangkan sakit kepala yang dialami di pagi hari lalu semakin parah sepanjang hari biasanya bukan akibat tumor otak melainkan karena tekanan sehari-hari.
  4. Sakit kepala yang semakin memburuk, sakit kepala yang muncul semakin lama semakin sering selama periode hari, minggu atau bulan.

Gejala tumor otak yang muncul bisa sangat luas dan beragam karenanya diperlukan pemeriksaan dokter untuk memperkuat diagnosa. Salah satu pemeriksaan penunjang yang dilakukan adalah CT-scan untuk melihat gambaran otak dan struktur disekitarnya.
sumber:  http://health.detik.com(ver/ir) 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger